SKRINING KESEHATAN BERSAMA PUSKESMAS SEBANI


Skrining kesehatan merupakan kegiatan rutin yang di lakukan oleh kolaborasi tenaga kesehatan Puskesmas Sebani dengan Tim UKS SMPN 1 Pandaan setiap setahun sekali. Kegiatan ini  bertujuan untukmeningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas.

Adapun kegiatan skrining kesehatan kali ini difokuskan pada faktor resiko penyakit bagi siswa kelas 7 dan cek kesehatan pencegahan diabetes millitus sejak dini pada usia anak >15 tahun.

Manfaat adanya kegiatan skrining ini antara lain :

1.     Terdeteksinya masalah kesehatan factor resiko pada siswa secara dini.

2.     Pencegahan dan penanganan terhadap siswa yang terindikasi adanya masalah kesehatan

3.     Dengan terjaganya kesehatan siswa sehingga dapat tumbuh dan belajar secara optimal dan efisien

4.     Meningkatkan pengetahuan siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan olahraga, menjaga kesehatan mata, telinga dan gigi dan melakuakn kegiatan- kegiatan yang bermanfaat baik di rumah maupun disekolah

 

Skrining kesehatan faktor resiko penyakit dilakukan di UPT Satuan Pendidikan SMPN 1 Pandaan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 24 Nopember 2023 ini antara lain pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kesehatan mata, gigi, dan telinga untuk siswa siswi kelas 7 sejumlah 360 siswa, dan 160 siswa kelas IX yang berusia >15 tahun melakukan cek kesehatan terkait jumlah Hb dalam darah sebagai upaya pencegahan anemia sejak dini yang dilaksanakan di aula depan SMPN 1 Pandaan.

Hasil skrining kemudian akan di evaluasi dan dilaporkn kepada wali kelas serta diinformasikan kepada wali murid untuk ditindaklanjuti dan melakukan tindakan intervensi lebih lanjut dengan murid yang memiliki masalah.

 

 
Penulis : Tim UKS SMPN 1 Pandaan